Baru banget habis bahas gas bumi di Bogor yang lagi coba diperpanjang oleh Perusahaan Gas Negara (PGN), eh sekarang masih ada satu daerah lagi yang nggak jauh dari Bogor yang lagi dibangun! Yeah, daerah itu adalah Sukabumi!

Sama seperti Bogor, pembangunan jaringan infrastruktur gas bumi di Bogor ini bukan pertama kalinya, tapi perluasan dari jaringan pipa gas bumi yang sudah dibangun PGN sebelumnya.

“Kami sedang perluas jaringan pipa gas bumi di Sukabumi, targetnya akhir tahun ini selesai dan gas bumi segera dinikmati berbagai industri di sana,” kata Sales Area Head PGN Area Bogor, Elda Sutarda, di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Kira-kira apa ya alasan PGN memutuskan memperluas jaringan gas bumi di Sukabumi?

Ternyata, menurut pengakuan Elda Sutarda, pembangunannya dipicu oleh banyak industri yang berdiri dan beroperasi di sana. Wilayah Sukabumi, menurut Elda Sutarda, sangat potensial karena banyak sekali berdiri berbagai industri, misalnya pabrik minuman energi, teh kemasan, susu kemasan dan banyak lagi.

“Industri-industri di Sukabumi sangat berminat beralih pakai bahan bakar gas bumi PGN, karena mereka bisa hemat lebih dari 30%-50% dari bahan bakar LPG,” ungkap Elda.

Hmm… dipikir-pikir nggak heran juga sih industri di sana akan banyak bermunculan, apalagi untuk minuman kemasan dan pengolahan teh sebab kita tahu sendiri kan, Sukabumi memiliki kebun teh yang tak kalah luasnya dengan kebun teh di Bogor. Jadi, pasti untuk mendukung operasional produksi mereka harus menggunakan bahan bakar yang hemat, mudah didapatkan, dan juga ramah lingkungan.

Dan menurut saya, pilihan itu tepat jatuh pada PGN. Karena ya seperti yang pernah saya ulas, PGN dengan eksplorasi baik dari hulu dan hilir untuk gas buminya sangat banyak membantu masyarakat dan berbagai sektor strategis di Indonesia.

Buktinya, sudah banyak juga daerah-daerah di Indonesia yang sudah kecipratan enaknya menggunakan gas bumi! Selamat untuk PGN, energi baik yang teruslah menjadi baik bagi pembangunan di Indonesia.

Tulisan ini didedikasikan untuk situs Si Nergi

Advertisements